LPMD Gandeng Dinas Dikbud Latih Tutor Keaksaraan Fungsional

LPMD Gandeng Dinas Dikbud Latih Tutor Keaksaraan Fungsional

UMI Makassar – Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah membuka Pelatihan Tutor Keaksaraan Fungsional dan SPD/TPD kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulsel dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, di ruang rapat LPMD Gedung Menara UMI lantai 3, Selasa 18 Agustus 2015.

Pelatihan tersebut berlangsung sehari, diikuti 20 orang, terdiri dari tutor 10 orang dan Sarjana Pengabdi Desa (SPD) serta Tenaga Pengabdi Desa (TPD) UMI sebanyak 10 orang dari desa mitra binaan UMI, yaitu Kab. Jeneponto, Takalar, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Enrekang, Maros dan Gowa.

Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah mengatakan, pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas para tutor, karena mereka ini sebagai ujung tombak dalam mendampingi masyarakat, guna meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya baca dan tulis.

“Apa yang dilakukan para tutor dan tenaga pengabdi desa, merupakan pekerjaan mulia karena berkat peran fungsinya, harkat masyarakat di desa-desa terpencil dapat terangkat, dan tingkat kesejahteraan mereka dapat meningkat,” tegasnya.

Selama mengikuti pelatihan, mereka akan menerima materi, antara lain Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Progran Keaksaraan Fungsional di Sulsel oleh Drs. H. Djamal Abdi, M.Pd Kabid PNFI Kemendikbud Sulsel, Metode Pelaksanaan Keaksaraan Fungsional oleh Drs. Syafri, M.Pd, Penilaian dan Pelaporan oleh Ir. Annas Boceng, MSi, Tugas dan Peran Sarjana Pengabdi Desa dan Tenaga Pengabdi Desa di desa Mitra Binaan UMI oleh Drs. H. Abd. Rauf Assagaf, M. Pd, dan Kewirausahaan oleh Prof. Dr. H. Salim Basalamah.

(Humas UMI)

Previous LPMD UMI Adakan Rapat Kerja
Next LPMD UMI Latih Supervisi KKN

You might also like

LPMD UMI Latih Tutor KF

UMI Makassar – Dalam upaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan para tutor Keaksaraan fungsional (KF) sekaligus menyamakan persepsi dan pandangan serta metode yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran warga KF di

LPMD UMI Latih Supervisi KKN

UMI Makassar – Dalam membangun penyamaan persepsi dan pandangan terhadap pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus mengembangkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dosen UMI sebagai dosen pembimbing/supervisi KKN, Lembaga Pengabdian Masyarakat

LPMD UMI Siapkan Rancangan KKN Kamtibmas

UMI Makassar – Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah (LPMD) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Workshop di Aula LPMD UMI, kegiatan tersebut berlangsung dua hari, Selasa-Rabu (2-3/8). Kegiatan tersebut sebagai upaya